Gambaran Umum Etika

1. Pengertian Etika

Berikut ini adalah beberapa pengertian tentang etika :

Etika (Yunani Kuno: “ethikos“, berarti “timbul dari kebiasaan”) adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian etika dalam tiga arti sbb:

  • 1. Ilmu tentang apa yang baik dan yang buruk, tentang hak dan kewajiban moral.
  • 2. Kumpulan asas atau nilai yg berkenaan dgn akhlak.
  • 3. Nilai mengenai benar dan salah yg dianut masyarakat.

Menurut Prof. Robert Salomon, etika dapat dikelompokkan menjadi dua definisi:

  • 1. Etika merupakan karakter individu orang yang beretika adalah orang yg baik
  • 2. Etika merupakan hukum social yaitu hukum yang mengatur, mengendalikan serta membatasi perilaku manusia.

Menurut Fagothay (1953), etika adalah studi tentang kehendak manusia, yaitu kehendak yang berhubungan dengan keputusan yang benar dan yang salah dalam tindak perbuatannya. Dalam ilmu pengetahuan, etika dimasukkan sebagai bagian dari filsafat. Filsafat adalah ilmu yang berfungsi sebagai interpretasi tentang hidup manusia, berfungsi meneliti dan menetukan semua fakta konkret yang paling mendasar.

2. Prinsip-prinsip Etika

Menurut Sonny Keraf prinsip etika bisnis secara umum terbagi menjadi lima, yaitu :

  • Prinsip otonomi

Otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran sendiri tentang apa yang dianggapnya baikuntuk dilakukannya. Pelaku bisnis otonom berarti orang yang tahu dan sadar sepenuhnya mengenai keputusan dan tindakan yang diambilnya akan sesuai atau bertentangan dengan nilai atau norma moral tertentu.

  • Prinsip kejujuran

Prinsip kejujuran sangat relevan dan mutlak diperlukan dalam dunia bisnis. Kejujuran merupakan kunci keberhasilan para pelaku bisnis untuk mempertahankan bisnisnya dalam jangka panjang di dalam dunia bisnis yang penuh persaingan ketat.

  • Prinsip keadilan

Prinsip keadilan menuntut agar setiap orang diperlakukan sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai dengan kriteria yang rasional objektif dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini sejalan dengan yang dikatakan Adam smith mengenai prinsip keadilan. Keraf mengutip Adam smith menyatakan bahwa prinsip paling pokok dari keadilan adalah prinsip tidak merugikan orang lain, khususnya tidak merugikan hak dan kepentingan orang lain.

  • Prinsip saling menguntungkan

ntut agar tidak ada pihak yang dirugikan hak dan kepentingannya, maka prinsip saling menguntungkan secara positif menuntut hal yang sama, yaitu agar semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan satu sama lain.

  • Prinsip integrasi moral

Prinsip integrasi moral dahayati sebagai tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis agar ia menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baiknya dan nama baik perusahaannya . prinsip ini mengandung  imperative moral yang berlaku bagi diri pelaku bisnis dan perusahaannya untuk berbisnis sedemikian rupa agar tetap menjadi yang paling unggul dan tetap dipercaya.

3. Basis teori etika

  • Etika Teleologi

Teleologi berasal dari bahasa Yunani yaitu telos yang memiliki arti tujuan. Dalam hal mengukur baik buruknya suatu tindakan yaitu berdasarkan tujuan yang akan dicapai atau berdasarkan akibat yang ditimbulkan dari tidakan yang telah dilakukan. Dalam tori teleologi terdapat dua aliran, yaitu.
a.    Egoisme etis
Inti pandangan dari egoisme adalah tindakan dari setiap orang pada dasarnya bertujuan untuk mengejar kepentingan pribadi dan memajukan diri sendiri.
b.    Utilitarianisme berasal dari bahasa Latin yaitu utilis yang memiliki arti bermanfaat. Menurut toeri ini, suatu perbuatan memiliki arti baik jika membawa manfaat bagi seluruh masyarakat ( The greatest happiness of the greatest number

  • Deontologi

Deontologi berasal dari bahasa Yunani yaitu deon yang memiliki arti kewajiban. Jika terdapat pertanyaan “Mengapa perbuatan ini baik dan perbuatan itu harus ditolak karena buruk?”. Maka Deontologi akan menjawab “karena perbuatan pertama menjadi kewajiban kita dank arena perbuatan kedua dilarang”. Pendekatan deontologi sudah diterima oleh agama dan merupakan salah satu teori etika yang penting.

  •  Teori Hak

Dalam pemikiran moral saat ini, teori hak merupakan pendekatan yang paling banyak dipakai untuk mengevaluasi baik buruknya suatu perbuatan atau perilaku. Teori hak ini merupaka suatu aspek dari teori deontologi karena berkaitan dengan kewajiban. Hak didasarkan atas martabat manusia dan martabat semua manusia adalah sama. Oleh karena itu, hak sangat cocok dengan suasana pemikiran demokratis.

  • Teori Keutamaan ( Virtue )

Dalam teori keutamaan memandang sikap atau akhlak seseorang. Keutamaan bisa didefinisikan sebagai disposisi watak yang telah diperoleh seseorang dan memungkinkan seseorang untuk bertingkah laku baik secara moral. Contoh sifat yang dilandaskan oleh teori keutamaan yaitu kebijaksanaan, keadilan, suka bekerja keras dan hidup yang baik.

4. Egoism

Egoisme bisa menjadi deskriptif atau posisi normatif. Egoisme psikologis, posisi deskriptif yang paling terkenal, mengklaim bahwa setiap orang memiliki satu tujuan utama: kesejahteraan sendiri. Bentuk normatif egoisme membuat klaim tentang apa yang harus dilakukan seseorang, daripada menjelaskan apa yang dilakukan seseorang do. Egoisme etis mengklaim bahwa itu adalah perlu dan cukup untuk tindakan secara moral benar bahwa seseorang memaksimalkan kepentingan pribadi. Egoisme rasional mengklaim bahwa itu adalah perlu dan cukup untuk tindakan bersikap rasional yang memaksimalkan kepentingan pribadi seseorang.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Etika

http://www.ut.ac.id/html/suplemen/ipem4430/etika21.htm

http://meandmyheart.files.wordpress.com/2010/04/bab-1-2.pdf

http://www.gobookee.org/get_book.php?u=aHR0cDovL3d3dy5sb250YXIudWkuYWMuaWQvZmlsZT9maWxlPWRpZ2l0YWwvMTI2MDE1LVJCMDZQMzFlLUV0aWthJTIwYmlzbmlzLUxpdGVyYXR1ci5wZGYKQkFCIDIgRVRJS0EgQklTTklTIERBTiBSVUFORyBMSU5HS1VQTllBIDIuMSBQZW5nZXJ0aWFuIEV0aWthIC4uLg==

http://anastasiamonita.blogspot.com/2012/10/basis-teori-etika.html

http://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=http://plato.stanford.edu/entries/egoism/&prev=/search%3Fq%3DEgoism%26biw%3D1024%26bih%3D665

About purnama110393

badminton is my hobby
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s