Pengertian Koperasi

Koperasi menurut UU No.25 Tahun 1992 koperasi merupakan suatu gerakan ekonomi rakyat atau suatu badan usaha yang berperan serta untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang di susun berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Koperasi juga mampu menjadi sokoguru perekonomian nasional apabila mampu dibangun menjadi lebih mandiri berdasarkan prinsip-prinsip koperasi.
Pengertian dari koperasi menurut UU ini, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.
Koperasi ada 2 jenis yaitu koperasi primer dan koperasi sekunder. Koperasi primer adalah koperasi yang di didirikan oleh dan beranggotakan seseorang, sedangkan koperasi sekunder adalah koperasi yang di didirikan oleh dan beranggotakan koperasi (kelompok).
Prinsip koperasi adalah keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela, pengelolaan yang demokratis, partisipasi anggota dalam ekonomi, kebebasan, dan otonomi serta pengembangan pendidikan, pelatihan, dan informasi.
Adapun kewirausahaan koperasi yaitu suatu sikap mental positif dalam berusaha secara koperatif, dengan mengambil prakarsa inovatif serta keberanian mengambil risiko dan berpegang teguh pada prinsip identitas koperasi, dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama.Dari definisi tersebut, maka dapat dikemukakan bahwa kewirausahaan koperasi merupakan sikap mental positif dalam berusaha secara koperatif
Tugas utama wirakop adalah mengambil prakarsa inovatif, artinya berusaha mencari, menemukan, dan memanfaatkan peluang yang ada demi kepentingan bersama. Kewirausahaan dalam koperasi dapat dilakukan oleh anggota, manajer birokrat yang berperan dalam pembangunan koperasi dan katalis, yaitu orang yang peduli terhadap pengembangan koperasi.

About purnama110393

badminton is my hobby
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s