Permasalahan Serikat Kerja Masa Kini

Di jaman sekarang ini tidak semua pekerja memahami bahwa serikat kerja adalah hak yang sangat penting dan melekat pada para pekerja, bahkan mereka ada yang percaya maupun tidak percaya bahwa serikat pekerja membuat mereka menjadi kuat, oleh karena itu banyak sekali pekerja yang sulit untuk diajak atau diorganisir dalam serikat pekerja.

Permasalahan serikat kerja ada permasalahan yang datang dari luar yang disebut permasalahan eksternal dan ada permasalahan yang berasal dari dalam yaitu permasalahan internal.

1. Permasalahan Internal

a.  Ditinjau dari sisi keanggotaan, masalah yang biasanya terjadi karena jumlah anggota yang tidak maksimal, atau kuranganya kesadaran anggota akan pentingnya kebersamaan dalam berserikat sehingga mudah dipecah belah dan melemahkan serikat pekerja.

b.  Anggota/pengurus tidak menghadiri pertemuan/rapat organisasi, hal ini dikarenakan kurang tertanam dalam pikiran anggota/pengurus akan pentingnya pertemuan organisasi.

c.  Rendahnya pengetahuan pemimpin dan anggota serikat pekerja yang terpilih sebagai pengurus. Pengurus-pengurus seharusnya memiliki bekal yang cukup dan harus terlatih dan terampil dalam mengatur organisasinya senara efektif, profesional dan efisien.

d.  Dari sisi keuangan atau iuran, yang terjadi karena masih rendahnya kesadaran anggota akan arti penting iuran bagi serikat pekerja, sehingga masih banyak serikat pekerja yang masih ketergantungan pada management perusahaan dan donator lainya, baik nasional maupun Internasional.

e.  Pemimpin serikat pekerja yang di control dan dikendalikan oleh Management perusahaan/pengusaha.

2. Permasalahan External

a.  Rendahnya komunikasi dan kerjasama management/pengusaha. Masalah ini tidak akan terselesaikan bila managemen menolak untuk bekerjasama dengan serikat pekerja. Dalam hal ini pengetahuan yang sempit dan propaganda anti serikat kerja sangat mempengaruhi managemen dalam berhubungan dengan serikat kerja. Kita harus tahu bahwa hubungan antara serikat pekerja dengan managemen adalah longterm relationship (hubungan jangka panjang).

 

b.  Memiliki financial yang besar, mempunyai kemampuan yang lebih, hal ini yang membuat pengusaha merasa enggan untuk melakukan komunikasi dan kerjasama yang baik dengan serikat pekerja, hal ini sangat terasa pada hampir setiap serikat pekerja.

c.  Pemerintah

Hubungan dengan pihak pemerintah memang banyak terkendala hal ini dikarenakan pihak pemerintah lebih cenderung membela pengusaha daripada pekerja.

d.  Pekerja Imigran

Pekerja imigran sering kali menjadi kendala bagi anggota serikat pekerja, hal ini dikarenakan kecenderungan perusahaan untuk memakai tenaga kerja asing pada posisi atau jabatan yang lebih tinggi, sehingga peluang atau kesempatan anggota serikat pekerja untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi menjadi terhambat.

Permasalahan-permasalahan diatas tentunya akan menjadi tantangan bagi serikat pekerja, dan tantangan tersebut akan bisa teratasi bila dihati kita sudah tertanam jiwa kebersamaan karena dengan bersama kita bisa.

Dari masalah-masalah diatas dapat kita simpulkan bahwa inti dari permasalahan ini adalah kurangnya pengetahuan para pekerja tentang serikat kerja itu sendiri, oleh karena itu dalam menyelesaikan masalah ini pemerintah harus memberikan pengetahuan-pengetahuan yang cukup dan latihan-latihan agar para pekerja menjadi terlatih dan terampil. Selain masalah pengetahuan masalah komunikasi juga sangat penting, karena dengan komunikasi kita dapat menjalin hubungan yang baik dengan semua pihak.

 

About purnama110393

badminton is my hobby
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s