Perlunya Kepastian Hukum Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Kini

Pada jaman sekarang ini banyak perusahaan yang tidak mempehatikan para karyawannya. Negara indonesia adalah negara hukum yang bertujuan untuk menjamin bahwa kepastian hukum terwujud dalam masyarakat. Hukum bertujuan untuk mewujudkan kepastian dalam hubungan antar manusia, yaitu menjamin prediktabilitas, dan juga bertujuan untuk mencegah bahwa hak yang terkuat yang berlaku. William Friedman, seorang sosiolog hukum, mengatakan bahwa kepastian hukum itu tergantung kepada, antara lain, substansi hukum berupa peraturan perundang-undangan dan putusan pengadilan, serta legal culture masyarakat. Kepastian hukum itu adalah prasyarat berhasilnya pembangunan ekonomi. Kita prihatin apa yang dikatakan Friedman itu ada yang belum terlaksana di negeri ini.

Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia – bukan mesin – dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dll.

Dari pengertian-pengertian diatas maka indonesia sebagai negara hukum harus bisa menjamin kesejateraan para karyawan (SDM), pemerintah harus bisa mengatur (memanajemen) cara kerja para karyawan dan perlakuan perusahaan terhadap karyawan-karyawannya (tenaga kerja). Dalam hal ini karyawan harus bisa bekerja sebaik mungkin  agar tujuan (goal) perusahaan bisa tercapai, begitu juga perusahaan harus memberi bayaran yang setimpal. Perusahaan tidak boleh semenah-menah kepada karyawannya, perusahaan harus memberi gaji/upah yang sesuai, perusahaan harus memberikan tunjangan-tunjangan dan menjamin keselamatan para karyawannya. Oleh karena pemerintah harus membuat undang-undang, agar ada kepastian hukum bagi sumber daya manusia.

About purnama110393

badminton is my hobby
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s