Pengaruh Pemerintah untuk Mengatasi Kondisi Ekonomi Saat Ini

Pemerintah memegang peranan penting dan memberi pengaruh signifikan dalam dunia ekonomi Indonesia, yang menganut sistem ekonomi Pancasila atau campuran dari sistem ekonomi liberal/pasar dan sistem ekonomi kendali sentral. Pemerintah mengontrol kegiatan-kegiatan ekonomi dan juga aktivitas expor impor, namun masih memberikan ruang bagi kreativitas dan kebebasan berusaha.
Seiring berkembangnya perekonomian dewasa ini, perekonomian dunia semakin mengarah ke sistem ekonomi liberal, dengan dibukanya free trade area dimana-mana dan kontrol pemerintah yang semakin dikurangi. Namun demikian, pemerintah tetap memegang kebijakan dalam menentukan haluan ekonomi sebuah negara. Pengaruh ini bisa dalam macam-macam hal yang berkaitan dengan ekonomi, seperti perbankan (contoh: kasus century), perdagangan, subsidi, dan lain-lain.

• mengurangi kelompok penduduk berpendapatan rendah

Pemerintah harus bisa menyediakan lapangan kerja bagi pendududk yang kurang mampu, selain mengurangi pengangguran pemerintah juga dapat meningkatkan pendapatan penduduk. Mengembangkannya jaring pengaman sosial yang meliputi program penyediaan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, mempertahankan tingkat pelayanan pendidikan dan kesehatan pada tingkat sebelum krisis serta penanganan pengangguran dalam upaya mempertahankan daya beli kelompok masyarakat berpendapatan rendah.
• menyehatkan sistem perbankan dan memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan lembaga perbankan.

Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha serta cara dan proses dalam melaksanakan pelaksanaan kegiatan ekonomi. Dengan memulihkan sistem perbankan di indonesia pemerintah dapat memulihkan kepercayaan masyarakat karena jika pelayanan perbankan sudah meningkat  maka masyarakatpun akan percaya dan menabung di bank, hal demikian dapat membantu mengatasi masalah ekonomi di negara kita.
• merestrukturisasi hutang luar negeri.

Indonesia harus bisa mengurangi dan menagemen hutang-hutangnya ke luar negeri, karena Pengurangan utang luar negeri tak pelak lagi menjadi jalan keluar utama untuk membiayai aktivitas pengentasan kemiskinan di Indonesia.
• mereformasi struktural di sektor riil.

Mereformasi struktural di sektor ekonomi dapat membantu masyarakat dalam mengurangi kemiskinan dan pengangguran di indonesia, sehingga pemerintah dapat mengurangi masalah ekonomi.
• mendorong kegiatan ekspor.

Kegiatan ekspor dapat mendatangkan untung yang cukup besar bagi negara, oleh karena itu pemerintah harus berusaha meningkatkan penghasilan penduduk dan meminta kreatifitas penduduk agar bisa memproduksi barang-barang untk di ekspor ke luar negeri.

About purnama110393

badminton is my hobby
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s