Lanjutan Bisnis Lobster Air Tawar

Untuk memulai bisnis budidaya lobster air tawar pertama-tama kita harus membeli indukan lobster. Kita dapat membeli indukan lobster di tempat-tempat budidaya lobster yang sudah ada. Misalnya kita membeli  indukan dengan harga Rp. 3.000.000,- lalu kita pelihara dengan baik dan benar dan beri makan secara teratur jangan lupa mengganti air bak minimal 2/3 hari sekali, karena kualitas air sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan lobster-lobster yang kita pelihara. Karena jika air lobster tidak pernah di ganti dan kotor maka lobster-lobster tidak dapat tumbuh optimal dan bahkan mati. Agar lobster-lobster dapat tumbuh optimal sebaiknya dengan PH air antara 7 sampai 9 dan dengan suhu antara 23 sampai 30 derajat celcius.

Setelah kurang lebih dalam jangka waktu 2 bulan, setelah lobster berukuran rata-rata kurang lebih 4,5-5 inci dengan berat antara 100-120 g/ekor kita dapat memanen lobster-lobster tersebut. Sekali panen kita bisa memanen 20-30 kg lobster untuk panen pertama.

Pisahkan lobster yang berkualitas baik, berkualitas menengah dan berkualitas kurang baik berdasarkan ukuran panjang lobster, berat lobster dah dari warnanya. Lalu kita jual kepasaran kita dapat menjual lobster-lobster berkualitas kurang baik di pasar-pasar swalayan dengan harga berkisar Rp. 90.000,- sampai Rp. 100.000,-/kg. Untuk lobster kualitas menengah kita dapat memasarkannya di lestaurant-lestaurant  dengan harga Rp. 120.000,-/kg. Sedangkan untuk lobster yang kualitasnya baik kita dapat memasarkannya di kota-kota besar seperti di supermarket-supermarket dengan harga berkisar antara Rp. 125.000,- sampai Rp. 135.000,-/kg atau bahkan kita dapat mengekspornya ke luar negeri dengan harga jual Rp. 150.000,-/kg. Kita juga dapat menjualnya ke penjual ikan hias.

Untuk selanjutnya kita dapat mengindukan lobster-lobster yang tadi sudah kita panen, agar hasil panen berikutnya terus bertambah dan kitapun dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar. Bisnis ini dapat kita lakukan dalam jangka panjang.

About purnama110393

badminton is my hobby
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s