Budidaya Lobster Air Tawar

Pada zaman sekarang ini banyak pebisnis-pebisnis yang tertarik untuk berbudidaya lobster air tawar. Selain cara pemeliharaannya yang tidak terlalu sulit berbudidaya lobster air tawar dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Berbudidaya lobster air tawar tidak membutuhkan modal terlalu banyak, karena hanya dengan membeli 1 paket indukan lobster yang terdiri dari 3 jantan dan 5 betina dengan harga muali dari Rp. 2.000.000-Rp. 8.000.000 (bergantung pada kualitas indukan) kita dapat berbudidaya lobster dan mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

Cara pemeliharaan induk lobster dilakukan di dalam bak beton berukuran panjang 2 m, lebar 1 m, dan tinggi 1 m lalu isi air setinggi 30-35 cm, masukan pelindung berupa pipa paralon. Lalu beri makan pelet dan pelihara induk selalma 2-3 minggu.

Setelah itu kita lakukan seleksi induk untuk mengetahui induk-induk mana saja yang sudah matang dengan cara melihat ciri-ciri fisiknya. Lalu selanjutnya kita lakukan pemijahan caranya siapkan bak beton berukuran panjang 2 m, lebar 1 m, dan tinggi 1 m lalu isi air setinggi 30-35cm lalu tebar 5 lobster betina dan 3 lobster jantan yang sudah kita seleksi tadi. Pemeliharaan ini di lakukan selama 2-3 minggu.

Selanjutnya kita melakukan seleksi induk yang memijah caranya, keringkan bak hingga ketinggian 6cm. Lalu tangkap induk-induk betina yang sudah berisi telur berwarna kuning tua atau coklat masukan kedalam baskom besar yang di beri aerasi.

Pengeraman telur dan penetasan dapat dilakukan di akuarium berukuran panjang 60 cm, lebar 40 cm dan tinggi 40 cm isi air setinggi 30 cm, pasang dua buah titik aerasi dan hidupkan selama pengeraman, masukan 1 ekor induk yang sudah bertelur. Ganti air 1/2 bagiannya setiap 3 hari sekali. Lalu induk akan melakukan perontokan telur.

Setelah menjadi larva pemeliharaannya dilakukan dalam bak beton, tangkap larva dari akuarium perontokan, masukan kedalam baskom larva beri 100 gram tepung pelet per 1000 ekor larva. Lalu lakukan panen sebulan kemudian. Pembesaran lobster air tawar di lakukan di kolam tanah berukuran 200 m2.

Budidaya lobster air tawar mulai berkembang sejak tahun 2000. Karena cara pemeliharaannya yang tidak terlalu sulit dan mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan budidaya ini berkembang cukup pesat, dan saat ini sudah berdiri sentra budidaya di beberapa provinsi, seperti Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

About purnama110393

badminton is my hobby
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s